Home » » Perlengkapan Membuat Aquascape

Perlengkapan Membuat Aquascape

Posted by jocoscape on Kamis, 19 Maret 2015

Perlengkapan Membuat Aquascape 

By : jocoscape



Untuk membuat aquascape yang maksimal, kita harus menggunakan beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi. Hanya saja tidak semua aquascaper menggunakan perlengkapan yang sama, baik dari segi penggunaan perlengkapan maupun merk produk tersebut, ibarat makanan, ada yang suka pedas atau soft sesuai dengan pengalaman dan selera masing-masing. Ada pun perlengkapannya adalah sebagai berikut :
 

1.  Tank / Aquarium

     Tank atau aquarium adalah wadah yang utama untuk membuat aquascape umumnya terbuat dari kaca putih polos atau akrilik. Di dalam tank hampir semua perlengkapan di letakkan, kecuali perlengkapan yang sifatnya external / di luar seperti filter external dan tabung CO2. Di dalam tank inilah yang hasil scapenya dapat kita nikmati keindahannya dari luar. Macam-macam tank untuk aquascape pada umumnya, seperti :

a. tank standar / berbentuk balok terbuka



b. tank kubus / berbentuk kubus terbuka

c. tank slim / berbentuk balok terbuka hanya lebarnya lebih kecil dibandingkan dengan tank standar.

d. tank cembung / seperti balok atau kubus terbuka, hanya bagian depannya berbentuk cembung.

    Beberapa aquascaper menyarankan sebaiknya menggunakan tank bekas untuk memulai aquascape bagi pemula, ini hanya bertujuan untuk meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan. Namun menggunakan aquarium lama/bekas biasanya justru mengurangi keindahan aquascape yang benar-benar ingin kita buat. Akibat menggunakan tank lama/bekas yaitu mudahnya timbul perkaratan pada kaca, sehingga kita harus membersihkannya setiap saat. Dan juga adanya baretan kaca pada bagian depan, justru mengurangi keindahan dalam menikmati aquascape yang kita telah buat.

    

2. Media Tanam / Substrat
    Media tanam untuk aquascape adalah media utama untuk bercocok tanam tumbuhan. Di pasaran media ini berbagai macam jenisnya. Dari yang bersumber langsung dari alam seperti pasir malang, pasir silija, maupun media olahan produsen aquascape seperti Amazone Soil. 
    a. Pasir Malang

     b. Pasir Silika
     c. Amazonia Soil


3. Pupuk Dasar

     Tidak hanya hanya bercocok tanam di kebun saja yang membutuhkan pupuk, di dalam aquascape pun juga membutuhkan pupuk dasar.

     Pupuk untuk aquascape secara umum sama seperti pupuk pada tanaman darat lainnya yang terdiri dari NPK, sebagaimana fungsinya untuk memenuhi kebutuhan tanaman pada masa awal tanam.



4.  Tabung CO2

    Mahluk hidup di dunia secara umum bernafas memerlukan gas oksigen. Apakah tumbuhan juga bernafas dengan oksigen ? jawabannya tumbuhan juga bernafas dengan gas oksigen.

     Namun tumbuhan memiliki kemampuan berfotosintesis. Yakni melakukan kemampuan untuk menghasilkan makanannya sendiri dengan memanfaatkan gas karbondioksida, air, dengan bantuan sinar ultraviolet melalui cahaya matahari untuk menghasilkan glukosa dan gas sisa berupa oksigen. Sesuai dengan reaksi sebagai berikut :




     
   Dalam memenuhi tumbuhan berfotosintesis di dalam air tentunya kita harus mempersiapkan gas CO2. Bentuk karbondioksida yang telah dibuat produsen perlengkapan aquascape bermacam-macam, antara lain : berbentuk cair, kaplet, maupun dalam bentuk tabung gas karbondioksida.

     Bagi anda yang ingin membuat aquascape dapat memilih penggunaan gas karbondiksida sesuai dengan anggaran yang anda punya.

     Akan tetapi untuk menghasilkan kebutuhan CO2 yang efektif dalam penggunaan, tempat dan penampilan, tabung CO2 adalah pilihannya. Sekali pun harganya terbilang mahal diantara perlengkapan pendukung lainnya, akan tetapi untuk penggunaan tabung yang dilengkapi diffuser, bubble counter, dan refrigerator sangat efektif sebagai pengatur bubble per detik sesuai dengan kebutuhan tank.



5.  Difuser CO2 + Bubble Counter

     Tabung CO2 sebagai penyimpanan gas CO2 tidak dapat langsung dicelupkan ke dalam air, namun untuk menguraikan gas CO2 di dalam tank, tabung CO2 harus disambung dengan diffuser CO2.





6.  Filter External ( Hang Filter / Canister )

Agar dapat menikmati keindahan aquascape di awal pembuatan, kualitas air haruslah bersih dan bening. Dengan penggunaan Filter external mampu menjernihkan air dalam waktu singkat sesuai kapasistas masing-masing filter external. Sehingga filter external fungsinya tetap sebagai penyedot kotoran-kotoran.

Namun demikian, tingkat keberhasilan kejernihan dalam aquascape adalah terciptanya crystal clear yaitu air jernih seakan-akan bening seperti Kristal. Hal ini hanya dapat diperoleh jika sudah terciptanya akteri pengurai.



7.  Lampu

     Sebagaimana di alam bebas tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk proses fotosintesis, yakni zat hijau daun mengikat electron dari cahaya matahari sehingga dapat menghasilkan zat makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan itu sendiri. Di dalam tank juga tumbuhan dapat melakukan fotosintesis dengan menggunakan lampu khusus yang dapat menghasilkan electron seperti sinar ultra violet pada matahari. Setiap besar / kecil tank menggunakan watt yang berbeda-beda.



8.  Undergravel Filter

Untuk menghasilkan tingkat kejernihan crystal clear, undergravel filter merupakan penyaring yang tepat. Selain harganya relative lebih murah ketimbang filter external, namun undergravel filter mampu meng- hasilkan system filter biologi yang baik dimana bakteri pengurai yang hidup di atas under- gravel menguraikan kotoran-kotoran menjadi lebih halus. Filter ini berupa lempengan plastik berlubang-lubang yang diletakan di dasar akuarium. Sistem kerjanya air akan tersedot ke bawah undergravel dengan bantuan pompa udara yang terpasang pada tabung pengeluaran, sehingga membentuk sirkulasi. Filter ini tidak mengganggu keindahan tank / akuarium, karena lempeng filter tersem- bunyi dibawah substrat dasar, dan biasanya tabung pengeluaran terbuat dari bahan yang transparan sehingga mudah untuk disamarkan.



9.  Pinset

      Kalau seorang pelukis menggunakan kuas untuk melukis  maka seorang aquascaper adalah pinset. Dengan pinset kita bisa bercocok tanam di dalam tank dengan mu-dah, kalau menggunakan tangan cukup sulit menancapkan akar tumbuhan ke dalam subtrat, yang terjadi justru subtrat berhamburan serta menggeser posisi ornament lainnya.





10.   Termometer   



Benda kecil ini bukan hanya untuk mengetahui suhu tubuh seseorang atau suhu ruangan, melainkan di dalam tank kita perlu juga mengetahui suhu air tersebut. Bagi tumbuhan dan fauna di alam memiliki  punya suhu optimum dalam pertumbuhan dan kenyamanan mereka, begitu pula agar mereka tumbuh optimum dan nyaman bagi fauna di dalam tank, kita perlu menyesuaikan dengan habitat aslinya, sekalipun tumbuhan dan fauna tersebut hasil budidaya.

Ketika kita mengetahui suhu di dalam tank yang tertera pada thermometer, kita dapat mengetahui tindakan-tindakan yang harus dilakukan, seperti jika suhu di atas 300 Cecius maka kita harus mengaktifkan Fan ( kipas angin ). Begitu pula jika suhu air terlalu dingin yang dapat mengakibatkan fauna kurang nyaman, maka kita dapat mengaktifkan chiller ( penghangat ).

    

11.   Fan

12.   Gunting

13.   Bakteri Starter

14.   Pupuk Cair


0 komentar:

jadwal-sholat

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

.comment-content a {display: none;}